Sabtu, 13 Oktober 2012

Ciri-ciri Payudara Sehat

Selain indah, payudara juga haruslah dapat berfungsi dengan benar dan sehat jauh dari penyakit terutama kanker payudara. Sudah tahukah bagaimana payudara yang sehat itu? Bagaimana ciri-cirinya, sih?

Ladies, payudara perempuan mempunyai struktur  yang sangat komplek terdiri dari jaringan lemak dan ikat, mengandung saluran susu, pembuluh darah, dan kelenjar getah bening. Selain itu payudara juga mempunyai struktur yang dikenal sebagai lobus dan lobules. Lobulus (kelenjar panghasil susu pada ujung lobus) dan duct (saluran susu) dimiliki oleh setiap payudara sekitar 12 sampai 20 bagian.

Oke Ladies, berikut ini ciri-ciri payudara yang disebut sehat.
  1. Terasa lembut dan tidak terdapat tonjolan atau benjolan pada jaringan di bawah kulit payudara
  2. Terasa ada nodular atau berserat saat diraba
  3. Mempunyai puting yang terasa keras tetapi simetris serta halus
  4. Simetrisnya ukuran payudara Ladies, tetapi jika ada perbedaan antara yang kanan dan kiri itu masih dalam tahap normal
  5. Ketika Ladies menyentuh payudara tidak terasa sakit ataupun nyeri
  6. Tidak kendur atau merosot, artinya bentuknya kencang
  7. Posisi payudara Ladies haruslah menghadap sedikit ke atas dengan sudut sekitar 20-45 derajat
  8. Ladies dapat melihat dari pigmen warna kulit Ladies. Contoh: jika memiliki culit putih maka putting biasanya brwarna merah muda, warna kulit agak gelap maka puting berwarna cokelat

Lihat dan amati payudara Ladies, baik dari ukuran, bentuk melalui sentuhan. Apakah terdapat benjolan atau tidak. Ketika payudara ladies dipencet mengelurkan cairan putih seperti susu, terdapat benjolan di sekitar payduara atau bisa juga payudara Ladies tampak seperti kulit jeruk (mengkerut), maka sebaiknya periksanakan diri ke dokter karena hal tersebut bisa menjadi tanda kanker payudara.
 
Sebenarnya, jaringan dalam payudara bisa berubah seiring bertambahnya usia atau fase kehidupannya, semisal siklus mestruasi. Mengkonsumsi obat-obatan atau hormon juga dapat mempengaruhi jaringan payudara Ladies.

Setiap perempuan dituntut harus mampu mengenali payudaranya sendiri, salah satunya dengan menggunakan tangan kanan, dan hal ini bisa dilakukan dengan melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri)


sumber: detikhealht









Artikel Terkait:

1 komentar:

  • Anonim says:
    17 Februari 2013 pukul 14.20

    cairan putih itu apakah dalam jumlah banyak? atau jika ada wrna putih sedikit di tengah puting itu juga termasuk?

Posting Komentar