Rabu, 24 Oktober 2012

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Jelang Menstruasi

Menstruasi merupakan siklus yang rutin dialami wanita. Menjelang mens, tubuh wanita suka mengalami banyak perubahan yang dinamakan PMS (Premenstrual Syndrome). Hal tersebut diantaranya seperti mood yang naik turun, atau seringkali ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada payudara

Nyeri pada payudara atau payudara yang terasa membesar sebelum dan saat menstruasi adalah hal normal dan tidak berbahaya, jika nyerinya tidak terjadi secara terus menerus. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen.

Banyak hal dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, seperti dengan mengkonsumsi makanan sehat, jauhi makanan yang banyak mengandung garam, atau giat beroalahraga.

Tapi bagaimana jika payudara yang terasa nyeri ketika mensturasi datang? Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pijatan. Pijatan pada payudara dapat dilakukan menggunakan minyat pijat seperti minyak aromaterapi, minyak telon atau minyak zaitun, di sekitar payudara.

Cara yang dapat dilakukan yaitu pijatan dengan gerakan melingkar dari luar ke dalam. Perlambat serta kurangi tekanan pijatan jika payudara terasa nyeri. Ketika mensturasi, puting akan terasa nyeri, maka Anda dapat menghindari bagian ini.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pijat dianggap efektif dapat mengurangi gejala PMS, terutama gejala depresi dan rasa sakit. Pijat ternyata dapat mendorong sirkulasi getah bening dan dapat mengurangi retensi cairan.

Untuk membantu membuang kelebihan racun dan cairan dari tubuh setelah pemijatan, perbanyaklah minum air putih.

Pijat merupakan teknik non-invasif serta bebas bahan kimia, soo dipastikan aman bagi hampir semua orang.

Selamat mencoba, ya :)


dari berbagai sumber






Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar