Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Memeriksa Payudara Sendiri (SADARI)

Kanker payudara adalah salah satu pembunuh wanita terbesar di dunia. Para wanita, hendaknya waspada terhadap penyakit yang satu ini. Untuk mencegahnya, Anda dapat mendeteksi lebih awal dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI.

SADARI harus dilakukan secara rutin, yakni setipa bulan pada hari ke-10 terhitung dari awal menstruasi. SADARI ini bisa dilakukan sejak perempuan berusia 20 tahun. Dengan pemeriksaan dini, diharapkan kanker payudara bisa dicegah dari risiko yang lebih tinggi, karena benjolan di payudara sebagian besar ditemukan oleh penderita sendiri.

Melakukan SADARI lebih mudah dilakukan sehabis mandi, karena gerakan meraba ataupun memijat lembut lebih mudah dilakukan karena masih adanya sabun yang menempel di kulit.

Oke Ladies, berikut ini cara dalam melakukan SADARI
  1. Perhatikan payudara dengan seksama, Anda bisa melakukannya di depan cermin. Lihat, apakah ada kelainan atau normal saja. Cara yang dapat Anda lakukan, yaitu pertama dengan mengangkat kedua tangan hingga di atas kepala dan cara kedua yaitu dengan melatakkan kedua tangan di pinggang. Perhatikan apakah ada perubahan atau tidak bentuk payudara Anda. Perhatikan payudara Anda simetris atau tidak. Anda juga dapat melihat apakah terdapat kerutan pada payudara atau kulit berubah seperti kulit jeruk. Jika menemukan, sebaiknya segera periksa ke dokter.
  2. Angka lengan kiri ke atas kepala, lalu lakukan pijatan lembut pada payudara. Gunakan permukaan jari yang rata untuk mengurut payudara, dan pastikan seluruh payudara dapat tersentuh. Lakukan hal tersebut setiap bulannya. Memijat, meraba, ataupun juga menekan lembut payudara dapat membantu mengetahui apakah ada benjolan atau tidak. Walapun tidak semua benjolan adalah kanker, ada baiknya Anda tetap memeriksakan hal tersebut ke dokter untuk didiagnosa dan ditangani dengan tepat.
  3. Melakkukan tiga gerakan pijatan. Pertama yaitu gerakan dengan arah berputar menyentuh seluruh bagian payudara. Raba payudara dengan gerakan memutar mengeliling area putting. Kedua yaitu dengan cara melakkukan SADARI secara sistematis, dengan arah naik dan turun. Pastikan seluruh bagian payudara tersentuh, baik bagian pinggir dan tengahnya. Ketiga yaitu melakukan SADARIdengan gerakan arah keluar dan masuk di setiap bagian payudara.
  4. Tekan dengan lembut puting Anda dan pastikan apakah ada cairan yang keluar. Jika putting menjadi lunak, mengeluarkan darah atau cairan, ini pertanda Anda untuk segera memeriksakan diri Anda ke dokter. Selain itu, ada juga tanda seperti putting bersisik, memerah, dan bengkak.
  5. Memeriksa payudara juga bisa dilakukan dengan berbaring. Cara yang dapat dilakuan adalah ketika sudah berbaring dengan nyaman, periksalah payudara dan ketiak serta daerah antara payudara dan tulang dada. Lakukan semua langkah yang terdapat pada nomor 3 (gerakan meraba, memijat, dan menekan lembut). Waspadai jika terdapat benjolan di sekitar ketiak.
Untuk melakukan SADARI ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Jadi, lakukanlah secara rutin setiap bulan. Jika menemukan benjolan, jangan ragau untuk segera menghubungi dokter demi penanganan lebih dini dan lebih tepat untuk mencegah kanker payudara.


dari berbagai sumber











Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar